PRAKTIK PROFESI BIDAN STIKES MEGA BUANA PALOPO

Bidan sebagai salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan sudah semestinya menjadi garda terdepan dalam mengupayakan turunnya AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi).

Mengacu pada program SDGs yang telah dicanangkan oleh pemerintah (lanjutan dari program MDGs) maka Stikes Mega Buana Palopo dalam hal ini mahasiswa Profesi Bidan turut ambil bagian dalam menyukseskan program pemerintah tersebut. Salah satunya dengan cara memperdalam praktik holistik terpadu dan terintegrasi, mulai dari ANC, INC, PNC, Bayi dan KB (Kehamilan sampai pemasangan alat kontrasepsi).

Dalam proses praktik yang dilaksanakan oleh mahasiswa kami, pengkajian yang dilakukan tidak hanya terpaku pada pemeriksaan fisik head to toe semata, tapi aspek psikologi dari pasien menjadi “G-Spot” yang wajib disentuh. Rasa simpati dan empati terhadap kondisi kejiwaan pasien menjadi hal yang paling dititik beratkan.

Nah, di aspek pengkajian psikis inilah ternyata nampak fenomena gunung es bahwa betapa perempuan-perempuan kita begitu pandai menyimpan rapat luka batin dan pressure yang dialami dalam keseharian mereka jatuh bangun membina rumah tangga dengan kondisi badan berbadan dua, nifas, menyusui, mengasuh anak dan beberapa kompleksitas problem kehidupan yang mereka alami.

Dengan hadirnya mahasiswa kami di tengah-tengah mereka di lahan praktik diharapkan para perempuan bisa lebih berdaya, mempunyai wadah untuk berbagi dan memiliki “partner” yang tepat dalam melakukan problem solving terhadap masalah-masalah yang mendera.

Praktik holistik profesi juga tidak hanya berdiam diri di unit pelayanan kesehatan menunggu pasien datang tapi para mahasiswa kami melakukan home visit dan home care terhadap pasien-pasiennya. Dengan adanya home visit dan home care ini maka akan terbina hubungan emosional yang lebih mendalam terhadap pasien. Bahkan keakraban dan kehangatan insya Allah menjalar juga pada keluarga pasien sehingga proses pemberian edukasi serta komunikasi dan konseling bisa terlaksana secara paripurna.

Oia, dalam program praktik profesi mahasiswa kami tiap mahasiswa diwajibkan untuk memiliki pasien COC (Continuity Of Care) dan di etape akhir program praktik akan dilakukan ujian/evaluasi per-stase. Teknis pelaksanaan evaluasinya meliputi pre conference, conference dan post conference.

Besar harapan kami agar para mahasiswa kami yang melakukan praktik di beberapa lokasi yang tersebar di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Pulau Murotai, Ternate, Sulawesi Barat dan beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan bisa memberi andil dan kontribusi dalam peningkatan derajat kesehatan perempuan sehingga bibit generasi mendatang bisa lebih berkualitas. Semoga dengan upaya sederhana yang kami lakukan ini bisa menjadi ladang kebaikan dalam pemberdayaan perempuan dan keluarganya sehingga penurunan AKI dan AKB bisa kita capai bersama-sama. Aamiin.

#ProfesiBidanStikesMegaBuana
#BidanSahabatPerempuan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*