Profesi Kebidanan

Image is not available

PROFIL LULUSAN S1 KEBIDANAN DAN PROFESI BIDAN
STIKES MEGA BUANA PALOPO

Visi
Image is not available

Visi dari Program Studi Profesi Bidan di Stikes Mega Buana Palopo adalah “Menghasilkan bidan yang professional dan kompeten dalam pelayanan kebidanan yang bermutu dan unggul dalam primary care terhadap infeksi menular seksual di Indonesia Timur pada tahun 2024”.

Misi
Image is not available

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompeten dalam pelayanan kebidanan dan unggul dalam primary care terhadap infeksi menular seksual.
2. Melaksanakan penelitian dan pemanfaatan teknologi secara arif serta mengupayakan penggunaannya untuk membantu dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.
3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam mengimplementasikan hasil penelitian yang berdaya guna dengan melibatkan peran serta masyarakat.
4. Menjalin dan melaksanakan kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri yang mendukung tri darma perguruan tinggi.

TUJUAN

Tujuan pendidikan dari Program Studi Pendidikan Profesi Bidan adalah:
1. Dihasilkannya lulusan bidan profesional dalam memberikan pelayanan kebidanan (care provider), memiliki kemampuan komunikasi (communicator), memberdayakan masyarakat (community leader), mengambil keputusan klinik kebidanan (decision maker) dan memiliki kemampuan manajemen pelayanan kebidanan (manager).
2. Dihasilkannya produk penelitian dan pemanfaatan teknologi secara arif serta mengupayakan penggunaannya untuk membantu dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya. Melalui penerapan pengetahuan serta ketrampilan teknologi yang dimiliki. Serta penguasaan dasar-dasar ilmiah, pengetahuan dan metodologi untuk mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian yang ada di dalam kawasan keahlian.
3. Terlaksananya pengabdian masyarakat yang berdampak nyata dalam bentuk pembinaan, bimbingan dan konsultasi dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan serta melakukan pemberdayaan masyarakat yang berbasis pada moral dan etika.
4. Terjalinnya kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri yang mendukung tri darma perguruan tinggi.

KUALIFIKASI LULUSAN PENDIDIKAN PROFESI BIDAN

Setiap lulusan dari Pendidikan Profesi Bidan dikualifikasikan dalam kelompok bidang keahlian profesi spesifik (level 7 KKNI) yang mempunyai kualifikasi sebagai berikut:
1. Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk pekerjaan spesifik profesi bidan dan memiliki kompetensi kerja minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesi bidan.
2. Mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesi bidan berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif.
3. Mampu mengkomunikasikan pemikiran/argument atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi bidan dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi kepada masyarakat terutama masyarakat profesi bidan.
4. Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat.
5. Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja.
6. Mampu meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi.
7. Mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesi bidan.
8. Mampu bekerjasama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesi bidan.
9. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi bidan dan kliennya.
10. Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengan kode etik profesi bidan.
11. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
12. Mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi bidan atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesi bidan.
13. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesi bidan.

PROFIL LULUSAN

Pendidikan Profesi Bidan melaksanakan kegiatan pendidikan yang menghasilkan lulusan Profesi Bidan dalam menjalankan tugas pelayanan kesehatan sebagai :
1. Care Provider
Bidan berperan sebagai pemberi asuhan kebidanan komprehensif dan profesional pada perempuan sepanjang siklus reproduksinya yang meliputi masa remaja, pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, Bayi baru lahir, bayi, balita, dan pra sekolah, pre menopause, kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana dengan melibatkan keluarga dan masyarakat sesuai kode etik profesi.
2. Communicator
Bidan mampu mengkomunikasikan kebijakan, advokasi, dan menyampaikan pemikiran atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi bidan serta menjadi agen pembaharu dalam pelayanan kesehatan.
3. Decision Maker
Bidan berperan sebagai pengambil keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis,kreatif dan strategis dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi perempuan, dan pelayanan kontrasepsi.
4. Community Leader
Bidan berperan sebagai penggerak dan pemberdaya masyarakat dalam peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak, Kesehatan reproduksi dan Keluarga Berencana dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya yang tersedia.
5. Manager
Bidan berperan sebagai pengelola layanan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi dan Keluarga Berencana dengan memanfaatkan IPTEKS serta memperhatikan potensi sosial budaya dan sumber daya secara efektif dan efisien.

Slider